Kegagalan itu dibutuhkan lho !

Kegagalan, terkesan gimana gitu ya kalo kita denger itu, memang sih setiap orang pasti menghindari hal tersebut. Namun apabila kita sadari sejenak tentang arti kegagalan, ternyata kita butuh gagal ya.. kita butuh jatuh untuk bisa bangkit, kita butuh sakit untuk dapat merasakan rasanya sehat karena manusia itu makhluk yang pelupa. Kita dilahirkan ke muka bumi ini sebagai makhluk yang sempurna, namun dengan kesempurnaan itu kita tidak sepatutnya menyombongkan diri. Karena pada dasarnya sehebat apapun orangnya, sekaya apapun dia, sekuat apapun imannya, dia pasti pernah mempunyai kesalahan. Karena selain manusia itu makhluk yang sempurna tapi dalam kesempurnaannya itu tidak serta merta manusia makhluk yang paling benar karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa, karena saing sempurnanya kita diciptakan dengan segala kebaikan juga keburukannya.

Nah ya.. Biasanya kita tidak bisa melihat orang baik dari orang yang mengucapkan dirinya baik, karena biasanya orang yang berkata seperti itu malah orang yang seburuk-buruknya seseorang. Nah lalu bagaimana kita dapat melihat seseorang itu baik? kita dapat melihat seseorang itu baik dari bagaimana cara dia bersikap pada dirinya sendiri, bukan pada bagaimana dia ingin terlihat baik dimata orang lain. Karena pada dasarnya ada beberapa orang yang ingin terlihat baik dimata oranglain padahal didalamnya dia tidak sama sekali seperti itu. layaknya seseorang memakai topenglah. wuiih.. kenapa saya mesti nulis ini ya? gini loh.. saya miris sama orang-orang yang berkamuflase untuk dapat terlihat baik dimata orang lain dan juga ada beberapa orang yang niatnya baik namun caranya kurang baik lalu akhirnya orang tersebut disangka tidak baik. Kedua contoh sikap tersebut memang ya saya akui memang memiliki kesalahan dan cerita ini saya alami juga pada kehidupan saya, dimana saya ingin berbuat baik namun karena saya salah menyampaikannya jadi semua itu terlihat salah. Intinya yang saya ingin sampaikan adalah orang yang baik adalah orang yang tulus dalam melakukan suatu hal dan tau bagaimana menyampaikan niat baiknya terhadap apa yang ingin ia kemukakan. hmm.. Itulah kegagalan saya hehehe -_-

Setelah sekian lama saya terpuruk akan hal itu, terus-menerus memikirkan hal tersebut sehingga saya tidak dapat berkembang dan berkarya karena saya terus-terusan takut dan dihantui dengan bayangan akan kegagalan tersebut terulang lagi dan dibenci banyak orang. Padahal ya kalo saya sadar lebih awal, hidup itu cuma sekali, dan masa muda pun tidak akan pernah terulang untuk kedua kali !! Hidup tidak akan pernah dapat indah jika kita terus dibayang-bayang dengan kegagalan, karena hidup itu resiko. Kawan, Sadar engga sih, setiap harinya kita selalu disuguhi dengan berbagai pilihan lho.. Dan kita setiap hari juga kita dituntut untuk dapat memilih satu diantara dua dengan segala kebaikan dan keburukannya. Misalnya ketika bangun pagi, kita dituntut untuk memilih bangun atau tidur lagi.

yoaaaaa.. kegagalan oh kegagalan.. tanpamu is nothing !! tanpamu aku tidak tahu mana yang benar, tanpamu aku takkan pernah tau nikmatnya kesuksesan, tanpamu aku tidak akan pernah tau indahnya menjadi diri sendiri.. kegagalan emang sih selalu bikin nyesek tapi kalo kita udah biasain jadi biasa aja tuh.. malah kalo udah biasa dengan kegagalan, kita tau akan apa yang harus kita hadapi kalo menghadapi kegagalan. pokonya kalo kamu ketemu sama yang namanya gagal, yang pertama harus kamu lakukan adalah tenangkan diri lalu koreksi apa yang salah lalu MOVE ON deh !! oh ya, inget ya.. tenangin dirinya jangan kelamaan.. kayanya 1 - 2 hari cukup deh, karena kegagalan itu hampir setipe sama masalah lho.. Masalah ada itu untuk diselesaikan dan dihadapi bukan untuk dihindari guys !! nyimpen masalah 2 hari sama 2 tahun tuh efeknya sama, cuma beda waktu mendemnya aja gan.. hehehe itulah sekilas pengalaman saya tentang kegagalan. kalo ada yang salah mohon maklum ya.. maklum baru belajar nulis hehehe :)

oh ya satu lagi dari saya, orang besar tidak lahir dari masalah kecil namun orang besar berhasil menjadi orang besar karena telah mampu menyelesaikan masalah besar dan juga kegagalan dimasa lalunya. jadi, jangan jadikan kegagalan PENGHAMBAT bagi masa depanmu, namun jadikanlah kegagalan adalah MOTIVASI bagimu untuk dapat lebih baik lagi dari sebelumnya.

salam,
Dani Ramdhani Kartasasmita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Psikologi Okupasional

Psikologi Klinis dan Penyuluhan atau Konseling

Tips Menjadi Moderator yang Baik